Manfaat Telur Ayam Untuk Lele

Mei 31, 2017

Telur ayam untuk lele tidak tanggung-tanggung lagi karena sangat besar efek positifnya. Bagi para peternak lele yang masih bingung dalam memberi makan larva atau bibit ikan lele yang baru berumur beberapa hari yang baru saja dipindah ke kolam, telur ayam negeri merupakan jawaban yang paling tepat. Selain harga terjangkau dan sangat mudah ditemukan di pasaran, nutrisi yang terkandung dalam telur ayam juuga sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang bibit lele. Walaupun bibit lele yang masih berumur 6 hingga 7 hari terlihat tidak begitu lahap dalam menyantap pakan dari telur ayam karena belum terbiasa dibanding waktu diberikan cacing sutra, namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena hanya terjadi di awal-awal saja. Setelah lele terbiasa, maka akan melahap telur layaknya melahap cacing sutra.

Manfaat Telur Ayam Untuk Lele
Bagian telur ayam negeri yang digunakan untuk pakan larva lele yang masih berumur beberapa hari adalah bagian kuning telurnya. Telur ayam untuk pakan lele khusus bagian kuning telurnya sangat bermanfaat karena kandungan nutrisi seperti asam lemak dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan organ bibit lele. Namun jangan terlalu banyak memberikan kuning telur karena kandungan kolesterol di dalamnya juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan bibit. Berikan pakan kuning telur ini dengan takaran yang sama saat memberi pakan cacing sutra.
Sama halnya dengan pakan yang biasa diberikan pada larva lele yakni cacing sutra yang dihaluskan, tekstur kuning telur pun harus dibuat mirip dengan tekstur cacing halus tersebut. cara membuat telur ayam untuk pakan larva lele khususnya bagian kuning telurnya saja sangatlah mudah. Berikut ini adalah cara pembuatan dan pemberiannya pada larva lele yang berumur beberapa hari:
1.      Pilihlah beberapa butir telur yang masih segar dan layak konsumsi kemudian cucilah cangkang atau kulitnya hingga bersih.
2.    Rebuslah telur hingga matang sempurna lalu tiriskan dan tunggulah hingga dingin. Ingat ya, pemberian kuning telur untuk pakan bibit lele haruslah diolah dengan cara direbus bukan cara lain.
3.      Kupas telur rebus lalu sisihkan kuning telurnya pada mangkuk atau wadah dan haluskan dengan bantuan sendok.  Supaya teksturnya lebih halus dan lembut, tambahkan sedikit air lalu diaduk rata sambil dilumat.
4.      Kuning telur yang sudah dihaluskan atau dilumat siap diberikan pada bibit lele sebagai pakan.

Cara pemberian pakan dari telur ayam buat lele ini sangatlah mudah yakni tinggal siapkan campuran kuning telur dan air yang sudah dilumat atau dihaluskan tadi. Berikan atau masukkan bahan tersebut pada beberapa titik kolam peliharaan bibit lele tersebut. Lumatan kuning telur tersebut akan cepat jatuh dan menyebar ke dalam air dan sebagian akan menggumpal yang akan mendarat di dasar kolam. Bibit-bibit ikan lele akan terlihat cukup antusias dalam menyerbu pakan lele dari kuning telur tersebut. Sebagian bibit lele akan terlihat mengeroyok gumpalan kuning telur yang terdapat di dasar kolam dan sebagian bibit ikan lele akan cukup memperoleh butiran-butiran kuning telur yang terbang meluas saat dimasukkan dalam kolam. Berikan pakan kuning telur pada bibit lele ini secukupnya dan jangan terlalu sering. Karena jika endapan kuning telur yang terlalu banyak berada di dalam kolam dan membususk justru akan menghasilkan zat yang dapat meracuni bibit ikan lele tersebut dan akhirnya akan banyak yang mati. Oleh karenanya perhatikan takaran atau dosisi pemberiannya.

Jika pencarian cacing sutera sedang susah, telur ayam untuk lele sangatlah efektif untuk dijadikan pilihan. Selain mudah untuk membuatnya, nutrisi yang terkandung juga dapat diserap secara optimal oleh bibit lele supaya lebih cepat tumbuh optimal.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Kami

HARGATELUR AYAM

Kami adalah Supplier Telur Ayam dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak